Kata Sambutan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNPAR

Smiley face
Click Here to Download

KepalaBKAMATHEUS SETIYANTO, S. SOS
KEPALA BIRO KEMAHASISWAAN DAN
ALUMNI UNPAR

Pertama-tama saya mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Baik bahwa pada tahun 2017 UNPAR untuk kedua kalinya mendapat Hibah Tracer Study atau Hibah Pusat Karir Lanjutan. Di tahun kedua mendapatkan hibah ini menjadi tantangan tersendiri dalam pengelolaan pekerjaan tracer study, tentunya diharapkan mendapatkan hasil yang lebih baik. Pada tahun-tahun sebelumnya UNPAR sudah melakukan tracer study (pelacakan lulusan) di tingkat Program Studi atau Fakultas, namun sejak UNPAR mendapat Hibah Tracer Study dari Kemenristekdikti pada tahun 2016, UNPAR  telah melaksanakan tracer study di tingkat Universitas.

Tracer study atau studi pelacakan para alumni dari sebuah Perguruan Tinggi merupakan kegiatan yang saat ini dirasakan amat penting dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Mengapa ini penting? Karena tracer study menjadi salah satu alat dari Perguruan Tinggi untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja dari sebuah Perguruan Tinggi. Bahkan tracer study sudah menjadi suatu kegiatan yang harus (wajib) dilakukan, mengingat tracer study sudah menjadi salah satu kelengkapan akreditasi sebuah Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2017 ini UNPAR melaksanakan tracer study dengan cara dan proses yang agak berbeda dengan tracer study yang dilaksanakan pada tahun 2016. Di tahun 2017 ini proses pengambilan informasi dari pihak lulusan dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak fakultas, dalam hal ini para Kasubag Kemahasiswaan dan staf di tingkat program studi sebagai tenaga surveyor. Selain tenaga surveyor dari Fakultas, tim tracer study UNPAR juga memberdayakan beberapa mahasiswa magang. Puji Tuhan kerjasama ini sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan harapan yang dicanangkan pada tahun yang lalu.

Hal yang menggembirakan adalah cukup tingginya Response Rate yang didapatkan dari survey yang dilakukan pada tahun 2017 ini. Ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa Tim Tracer Study UNPAR sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pekerjaan tracer study ini menjadi sebuah pekerjaan rutin setiap tahun yang sebaiknya ditangani oleh sebuah unit khusus secara tersendiri yang kegiatan sehari-harinya memang hanya menangani pelacakan terhadapat para lulusan ini.

Harapan dari Tim Tracer Study UNPAR secara umum adalah adanya tim yang solid dan kompak yang terdiri dari Tim Surveyor, Tim Peneliti, dan Tim TIK yang menangani seluruh aplikasi yang dibutuhkan dalam rangka seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan tracer study. Akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Tracer Study UNPAR yang sukses melaksanakan kegiatan tracer study ini dari awal hingga akhir.