Kata Pengantar

Smiley face
Click Here to Download

Tracer study telah banyak dirasakan manfaatnya oleh berbagai universitas dan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi lainnya di Indonesia untuk memperoleh potret lulusannya dalam rangka mengevaluasi proses dan hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi tersebut.

Universitas kita tercinta, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), pada tahun 2017, untuk kedua kalinya menyelenggarakan tracer study level universitas. Hal ini merupakan komitmen berkelanjutan UNPAR yang menyadari betapa strategis dan pentingnya pelaksanaan tracer study ini. Tiga hal yang menjadi fokus dalam pelaksanaan tracer study tahun ini adalah peningkatan kualitas pelaksanaan program, pengembangan aplikasi penunjang kinerja surveyor, dan pengintegrasian kuesioner tracer study program studi ke dalam kuesioner tracer study universitas.

Target responden tracer study UNPAR 2017 adalah alumni/lulusan UNPAR angkatan 2010 sebanyak 1912 orang. Proses pengumpulan data selama 4 bulan (Juni – September 2017) telah berhasil memperoleh respon dari alumni yang mengisi kuesioner tracer study UNPAR sebanyak 603 orang. Response rate sebesar 32% ini cukup baik untuk ukuran response rate suatu tracer study dan diharapkan dapat ditingkatkan lagi di tracer study UNPAR tahun mendatang.

Buku Report Tracer Study UNPAR 2017 ini disusun dengan tujuan menyalurkan informasi yang diperoleh dari proses analisis hasil tracer study UNPAR 2017 ini kepada berbagai pihak baik pimpinan program studi, fakultas, maupun universitas serta para pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya. Kiranya buku ini dapat memberikan kontribusi dan masukan yang tepat sasaran bagi semua pihak untuk mengembangkan dan memajukan UNPAR.

Akhir kata, Tim Tracer Study UNPAR 2017 mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama para alumni UNPAR angkatan 2010 yang telah membantu terlaksananya tracer study ini dengan baik. Tidak lupa, kami haturkan terima kasih secara khusus kepada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Ristekdikti) yang telah memberikan Hibah Tracer Study atau Hibah Pusat Karir Lanjutan demi mendukung pelaksanaan tracer study UNPAR di tahun 2017 ini. Kemudian, kami pun mengucapkan terima kasih kepada Rektorat, Dekanat, tim surveyor, biro-biro, seluruh program studi di UNPAR, serta berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya Tracer Study UNPAR 2017.

Bandung, 22 November 2017

 

Tim Penulis

Dr. Johanna R.O. Hariandja, M.Sc, PDEng

Dr. Julius Dharma Lesmono

Hanky Fransiscus, S.T., M.T.

Alfian Tan, S.T., M.T.

Wurianalya Maria Novenanty, S.H., LL.M.

Fernando Mulia, S.E., M.Kom.