6.5 Analisis Kategori Perusahaan dan Penghasilan

Smiley face
Click Here to Download

Penghasilan dalam suatu pekerjaan bergantung pada jenis pekerjaan ataupun perusahaan tempat bekerja. Penghasilan di perusahaan multinasional umumnya memiliki standar penghasilan yang lebih besar dibandingkan perusahaan nasional ataupun lokal. Gambar 6.4 menunjukkan perbandingan penghasilan lulusan angkatan 2010 yang bekerja di perusahaan multinasional, nasional dan lokal. Berdasarkan Gambar 6.4 dapat dilihat bahwa lulusan yang bekerja di perusahaan multinasional memperoleh rata-rata penghasilan sebesar Rp 8.120.000, lulusan yang bekerja di perusahaan nasional memperoleh rata-rata penghasilan sebesar Rp 5.691.000, sedangkan lulusan yang bekerja di perusahaan lokal memperoleh rata-rata penghasilan sebesar Rp 5.434.000. Analisis statistik dengan menggunakan ANOVA menunjukkan bahwa ada pengaruh kategori perusahaan terhadap besarnya penghasilan. Hal ini ditunjukkan pada hasil ANOVA sebagai berikut:

 

 

 

 

 

One-way ANOVA: Penghasilan versus Kategori Perusahaan

 

Method

 

Null hypothesis         All means are equal

Alternative hypothesis  At least one mean is different

Significance level      α = 0.05

 

Equal variances were assumed for the analysis.

 

Factor Information

Factor               Levels  Values

Kategori Perusahaan       3  Lokal, Multinasional, Nasional

 

 

Analysis of Variance

Source                DF   Adj SS  Adj MS  F-Value  P-Value

Kategori Perusahaan    2    491.9  245.96     7.56    0.001

Error                393  12777.5   32.51

Total                395  13269.4

 

Perbandingan berpasangan setiap level kategori perusahaan dilakukan untuk mengetahui mana level yang berbeda secara signifikan. Hasil pengujian perbandingan secara berpasangan dapat dilihat pada Gambar 6.5.

Gambar 6.4 Perbandingan Penghasilan dengan Kategori Perusahaan

Gambar 6.5 menunjukkan bahwa rata-rata penghasilan lulusan angkatan 2010 yang bekerja pada perusahaan multinasional lebih besar secara signifikan daripada perusahaan nasional maupun lokal. Akan tetapi rata-rata penghasilan lulusan angkatan 2010 yang bekerja di perusahaan nasional dan lokal tidak berbeda secara signifikan.

Gambar 6.5 Perbandingan Berpasangan antara Setiap Kategori Perusahaan