5.9 Wirausaha

Smiley face
Click Here to Download

Salah satu status pekerjaan lulusan UNPAR angkatan 2010 adalah menjalankan usaha atau wirausaha. Sebagian besar lulusan memilih pekerjaan ini karena keinginan pribadi. Selebihnya karena alasan melanjutkan usaha keluarga (12 orang), bebas/tidak tergantung (12 orang), penghasilan lebih besar (9 orang), serta ada keinginan untuk membuka lapangan pekerjaan (9 orang).

 

Adapun modal usaha bagi lulusan UNPAR angkatan 2010 yang memilih untuk berwirausaha, sebagian besar diperoleh dari keluarga (44%), namun tidak sedikit juga yang menggunakan modal pribadi (42%) untuk menjalankan usaha sendiri. Sisanya adalah dari kredit bank (8%), investor (8%), dan rekan kerja (8%). Hal ini dapat dilihat dalam Gambar 5.16.

Gambar 5.15 Alasan Wirausaha

Gambar 5.16 Modal Usaha

Apabila melihat pada bidang usaha yang dipilih oleh lulusan UNPAR angkatan 2010 yang memilih wirausaha, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas lulusan memilih bidang usaha penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan dan minuman (Kategori I) dan jasa perorangan yang melayani rumah tangga, kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga (Kategori T), untuk masing-masing kategori persentasenya sebesar 20.24%. Selanjutnya 15.48% bergerak di bidang perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor. 10.71% menjalankan usaha di bidang industri pengolahan. Kemudian 9.52% menjalankan usaha di bidang konstruksi dan pembangunan, 9.52% juga menjalankan usaha di bidang jasa professional, ilmiah dan teknis. Sisanya bergerak di bidang jasa lainnya (7.14%), bidang usaha pertanian, perikanan, dan kehutanan (4.76%), dan bidang kesenian, hiburan, dan rekreasi (2.38%).

Gambar 5.17 Bidang Usaha yang Dijalankan