5.7 Kondisi Pekerjaan Saat Ini

Smiley face
Click Here to Download

Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pekerjaan dinilai oleh setiap individu dan hasilnya pun bisa berbeda-beda. Untuk satu jenis pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama, setiap karyawan bisa memiliki penilaian yang berbeda.

 

Kelebihan suatu pekerjaan dapat dilihat dari komentar positif lulusan UNPAR angkatan 2010 sebagaimana tampak dalam Gambar 5.11. Penilaian positif terhadap pekerjaan yang saat ini sedang mereka geluti terkait pengembangan diri yang besar (25%), menyenangkan (21%), lingkungan kerja yang kondusif (19%), sesuai minat (15%), gaji memuaskan (12%), sesuai dengan yang diharapkan (7%), dan lain-lain.

 

Tak ada gading yang tak retak pun dapat kita temui dalam dunia pekerjaan. Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Ketidaksempurnaan dalam pekerjaan ini pun dialami oleh lulusan UNPAR angkatan 2010. Kekurangan ini dapat dilihat dari komentar negatif mereka mengenai pekerjaannya yaitu gaji kurang memuaskan (27%), lingkungan kerja tidak kondusif (17%), tidak sesuai minat (14%), tidak sesuai dengan yang diharapkan (13%), kesempatan belajar sangat kecil (10%), dan alasan lain-lain (19%).

Gambar 5.11 Komentar Positif Pekerjaan Saat Ini

Gambar 5.12 Komentar Negatif Pekerjaan Saat Ini

Lulusan UNPAR angkatan 2010 tentunya memiliki gambaran perihal pekerjaan yang ideal. Gambar 5.13 menunjukkan bagaimana pekerjaan yang ideal menurut lulusan angkatan tersebut. Adapun pekerjaan yang ideal tersebut adalah pekerjaan dengan fasilitas dan gaji yang baik (12%), memberi kesempatan belajar lebih besar (11%), lingkungan kerja yang nyaman (11%), jenjang karir yang jelas (10%), menambah wawasan (10%), mampu meningkatkan kesejahteraan (9%), memberi manfaat bagi banyak orang (9%), jam kerja dan jobdesk yang sesuai (8%).

Gambar 5.13 Gambaran Pekerjaan Ideal