5.5 Jabatan Pekerjaan

Smiley face
Click Here to Download

Bekerja di perusahaan tentunya tidak hanya untuk kebutuhan penghasilan semata. Namun ada juga kebutuhan pengembangan diri. Salah satu tolak ukur keberhasilan dan kemampuan mengembangkan diri seseorang dalam dunia pekerjaan adalah posisi tertentu yang diembannya saat ini. Lulusan UNPAR angkatan 2010 sebagian besar masih berada pada posisi staf (68.71%). Hal ini merupakan sesuatu yang wajar mengingat jarak kelulusan mereka dengan tracer study ini hanyalah 2-3 tahun. Sebanyak 7.98% sudah memegang posisi sebagai manajer dan 7.77% sebagai kepala bagian atau yang sederajat. Bahkan sudah ada yang menjadi direktur (0.61%) dan pemilik perusahaan (13.29%). Selebihnya yaitu 1.64% masih menjadi tenaga magang dalam suatu perusahaan.

Gambar 5.7 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2010

Apabila diamati berdasarkan program studi seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 5.8 terlihat bahwa sebagian besar lulusan setiap program studi masih menjadi staf di perusahaan tempat kerja masing-masing. Kemudian berdasarkan jumlah. Jabatan manajer paling banyak ditemui pada Program Studi Akuntansi (10 orang), Program Studi Manajemen (9 orang). dan Program Studi Hubungan Internasional (5 orang). Kemudian untuk jabatan kepala bagian atau yang sederajat paling banyak terdapat pada Program Studi Akuntasi (9 orang) dan Hubungan Internasional (8 orang).

 

Untuk posisi sebagai pemilik, ditemukan paling banyak di Program Studi Manajemen (14 orang), kemudian disusul oleh Program Studi Arsitektur (11 orang) dan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (6 orang). Banyaknya jumlah pemilik menunjukkan keberanian lulusan angkatan 2010 untuk memiliki perusahaan sendiri. Yang terakhir adalah lulusan angkatan 2010 yang masih menjadi tenaga magang adalah lulusan Program Studi Ilmu Hukum (3 orang), Program Studi Akuntansi (3 orang), dan Program Studi Ekonomi Pembangunan (3 orang).

Gambar 5.8 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2010 per Program Studi