5.3 Kategori Perusahaan

Smiley face
Click Here to Download

Reputasi perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi lulusan perguruan tinggi untuk melamar di perusahaan tersebut. Umumnya perusahaan dengan reputasi baik dan nama besar memiliki daya tarik yang besar pula bagi lulusan dari setiap perguruan tinggi. Hal ini tentunya menjadi salah satu pertimbangan oleh lulusan UNPAR, yang tahun ini diwakili oleh angkatan 2010.

Mengamati kategori perusahaan di mana lulusan UNPAR  angkatan 2010 saat ini sedang bekerja, mayoritas lulusan UNPAR angkatan 2010 yakni sebesar 44% bekerja pada perusahaan kategori nasional, yaitu perusahaan yang berbasis di Indonesia dan memiliki cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Kemudian, lulusan yang bekerja di perusahaan lokal sebanyak 30 %. Perusahaan lokal yang dimaksud di sini adalah perusahaan yang berbasis hanya di daerah/wilayah tersebut. Selebihnya sebanyak 26%  bekerja di perusahaan internasional yaitu perusahaan yang berbasis di suatu negara dan memiliki cabang di berbagai negara lainnya.

Gambar 5.4 Kategori Perusahaan

Apabila dilihat berdasarkan program studi pada Gambar 5.5, sebagian besar lulusan program studi, bekerja di perusahaan nasional, kecuali untuk Program Studi Manajemen, Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Arsitektur di mana mayoritas lulusannya bekerja pada perusahaan lokal. Bahkan untuk Program Studi Akuntansi, mayoritas lulusan Angkatan 2010 bekerja pada perusahaan multinasional. Sementara itu, untuk jumlah alumni Program Studi Akuntansi, Teknik Kimia, dan Ilmu Hubungan Internasional angkatan 2010, yang bekerja di perusahaan multinasional, lebih besar dibandingkan dengan jumlah lulusan Program Studi lainnya.

Gambar 5.5 Kategori Perusahaan per Program Studi