5.2 Kategori Usaha Pekerjaan Utama

Smiley face
Click Here to Download

Dalam dunia kerja, bidang usaha pekerjaan yang ada cukup beragam. Keanekaragaman ini sebenarnya membuat lulusan memiliki banyak pilihan. Begitu juga dengan lulusan UNPAR angkatan 2010. Akan tetapi dengan begitu beragamnya pilihan bidang usaha, tidak membuat lulusan UNPAR angkatan 2010 memilih suatu pekerjaan tanpa pertimbangan. Pada umumnya, lulusan UNPAR angkatan 2010 memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Pada Tracer Study ini, kategori usaha dibagi menjadi 21 bidang usaha. Hal ini mengacu pada Kuesioner Tracer Study DIKTI dan Tracer Study ITB. Kedua puluh satu bidang usaha diberi nama mulai dari kategori A sampai dengan kategori U. Kedua puluh satu bidang usaha tersebut adalah sebagai berikut:

KATEGORI A    :    Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan

KATEGORI B    :    Pertambangan dan penggalian

KATEGORI C    :    Industri Pengolahan

KATEGORI D    :    Pengadaan listrik, gas, uap/air panas, dan udara dingin

KATEGORI E    :    Pengadaan air, pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuangan dan Pembersihan limbah dan sampah

KATEGORI F     :    Konstruksi dan Pembangunan

KATEGORI G    :    Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor

KATEGORI H    :    Transportasi dan pergudangan

KATEGORI I     : Penyediaan akomadasi dan penyediaan makanan dan minuman

KATEGORI J     :    Informasi dan komunikasi

KATEGORI K    :    Jasa Keuangan dan asuransi

KATEGORI L     :    Real estate, developer, dan property

KATEGORI M   :    Jasa professional, ilmiah dan teknis

KATEGORI N    :    Jasa persewaan dan sewa guna usaha tanpa hak opsi, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya

KATEGORI O    :    Administrasi pemerintahan, pertanahan, dan jaminan wajib sosial

KATEGORI P    :    Jasa pendidikan

KATEGORI Q    :    Jasa kesehatan dan kegiatan sosial

KATEGORI R    :    Kesenian, hiburan dan rekreasi

KATEGORI S     :    Kegiatan jasa lainnya

KATEGORI T    :    Jasa perorangan yang melayani rumah tangga, kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga

KATEGORI U    : Kegiatan badan internasional dan kegiatan badan internasional ekstra lainnya

Pekerjaan lulusan UNPAR angkatan 2010 sebagian besar terkait pada kategori  K (jasa keuangan dan asuransi), kategori G (perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor), kategori M (jasa professional, ilmiah, dan teknis), kategori F (konstruksi dan pembangunan), dan kategori C (industri pengolahan).

Gambar 5.2 Bidang Usaha Lulusan UNPAR Angkatan 2010 yang Bekerja

Gambar 5.2 dan Tabel 5.1 menunjukkan sebagian besar lulusan UNPAR angkatan 2010 memilih bekerja di bidang jasa keuangan dan asuransi (16.77%). Sebagian besar lulusan UNPAR yang memilih jasa keuangan dan asuransi berasal dari Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Administrasi Bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa bidang usaha yang dipilih memang sesuai dengan bidang keilmuan lulusan.  Bidang usaha kedua terbanyak yang dipilih oleh lulusan UNPAR angkatan 2010 adalah perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor. Sebagian besar yang memilih bidang usaha ini adalah lulusan yang berasal dari Program Studi Manajemen dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Tabel 5.1 Kategori dan Persentase Bidang Usaha Lulusan UNPAR Angkatan 2010 yang Bekerja

Gambar 5.3 menunjukkan bidang usaha lulusan UNPAR apabila dikelompokkan berdasarkan Program Studi. Berdasarkan Gambar 5.3. dapat dilihat bahwa sebagian besar lulusan setiap program studi bekerja pada bidang usaha yang sesuai dengan bidang ilmunya. Misalnya lulusan Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Arsitektur sebagian besar bekerja pada bidang usaha konstruksi dan pembangunan. Contoh lainnya adalah sebagian besar lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Administrasi Bisnis bekerja di bidang jasa keuangan dan asuransi. Selain itu, mayoritas lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis pun bekerja di bidang usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor. Kemudian untuk lulusan Program Studi Teknik Industri dan Teknik Kimia, sebagian besar bekerja di bidang usaha industri pengolahan yang memang sesuai dengan bidang ilmunya. Namun ada juga lulusan angkatan 2010 yang bekerja di luar bidang keahliannya, misalnya lulusan Program Studi Fisika yang bekerja di bidang jasa keuangan dan asuransi.

Gambar 5.3 Bidang Usaha Lulusan UNPAR Angkatan 2010 yang Bekerja per Program Studi