4.5 Pencarian Kerja

Smiley face
Click Here to Download

Sebagian besar mahasiswa UNPAR yang telah lulus dari jenjang pendidikannya memilih untuk langsung memasuki dunia kerja. Melalui survei yang dilakukan, diketahui bahwa cukup banyak responden alumni yang telah mencari pekerjaan bahkan sebelum kelulusannya. Tentunya hal ini merupakan poin yang sangat baik yang akan mengurangi waktu tunggu mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan ketika mereka lulus.

 

Tabel 4.5. menunjukkan besar proporsi responden yang sudah melakukan pencarian kerja sebelum lulus, baru mencari kerja setelah lulus, atau bahkan memang tidak mencari kerja. Pada Tabel 4.5. pun terlihat bahwa rata-rata lulusan mulai mencari pekerjaan adalah 4.42 bulan sebelum lulus, sedangkan bagi yang baru mencari kerja setelah lulus terdapat jeda waktu rata-rata 2.3 bulan sampai akhirnya lulusan mulai mencari kerja.  Rataan jeda waktu ini mungkin diperlukan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi yang tertinggal, perpindahan dan penyesuaian lokasi tempat tinggal yang baru terutama bagi mereka yang berasal atau ingin bekerja di luar kota, atau mungkin beberapa lulusan ingin beristirahat terlebih dahulu sebelum kemudian memasuki dunia kerja.

 

Tabel 4.5. Waktu Pencarian Kerja Lulusan

Terdapat berbagai cara yang digunakan oleh para lulusan untuk mencari pekerjaan yang diinginkan. Ada 15 kategori cara pencarian kerja yang ditanyakan kepada responden dengan hasil seperti pada Tabel 4.6. Pada tabel tersebut terlihat bahwa sebagian besar responden menggunakan internet/iklan online/milis dalam proses pencarian kerja. Hal ini memang wajar karena penggunaan teknologi informasi yang sudah sangat tinggi dalam proses komunikasi sehari-hari dan bahkan dunia profesional bisnis. Dua kategori cara pencarian kerja yang populer selanjutnya adalah melalui relasi dan bursa/pameran kerja. Pencarian kerja melalui relasi ini populer karena biasanya ada kemudahan yang ditawarkan untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

 

Sedangkan bursa/pameran kerja menjadi cara yang cukup populer karena dalam bursa/pameran kerja ini biasanya disuguhkan berbagai perusahaan/institusi sekaligus bagi pencari kerja sehingga sangat memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Selain itu adanya wawancara dan tes seleksi kerja yang secara langsung ditawarkan saat pameran semakin meningkatkan kemudahan dan popularitas cara pencarian kerja ini.

Tabel 4.6. Popularitas Cara Pencarian Kerja

Terkait penggunaan relasi sebagai cara pencarian kerja, berikut pada Gambar 4.9. adalah berbagai macam relasi yang digunakan oleh lulusan dalam pencarian kerja. Kategori laiinya dalam relasi ini mencakup “Lingkungan bisnis”, “Teman orang tua”, dan “Orang tua teman”.

Gambar 4.9 Jalur Relasi dalam Pencarian Kerja

Pada tracer study kali ini pun turut dilakukan survei mengenai penggunaan fasilitas pencarian kerja yang secara spesifik diselenggarakan oleh UNPAR yang meliputi iklan, brosur, ataupun bursa kerja. Gambar 4.10 menunjukkan proporsi penggunaan saluran-saluran tersebut. Kategori “Tidak Pernah” pada Gambar 4.10 adalah kategori yang dipilih oleh responden alumni yang tidak pernah memanfaatkan PPK UNPAR untuk proses pencarian kerja.

Gambar 4.10 Saluran Pencarian Kerja melalui Pusat Pengembangan Karir

Dalam Tracer Study kali ini, dilakukan survei terhadap jumlah institusi yang dilamar oleh para responden alumni hingga para alumni mendapatkan pekerjaan pertamanya. Tabel 4.7. memperlihatkan rataan jumlah institusi yang dilamar, yang memberi respon, dan mengudang wawancara para alumni. Dibandingkan dengan Tracer Study tahun sebelumnya pada angkatan 2009, angka jumlah institusi yang didapatkan dari Tracer Study tahun ini tidak berbeda signifikan dengan tahun sebelumnya.

Tabel 4.7. Karakteristik Kegiatan Melamar Pekerjaan Pertama

Proses pencarian kerja yang dilakukan alumni tentunya membuahkan hasil dengan diterimanya para responden alumni di pekerjaan pertamanya. Dari sekian banyak responden alumni yang terjaring, sebagian besar alumni diketahui baru mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari jenjang pendidikannya dengan proporsi seperti ditunjukkan pada Tabel 4.8. Pada tabel tersebut ditunjukkan juga rataan lama waktu hingga mendapatkan pekerjaan pertama baik sebelum maupun setelah lulus.

Tabel 4.8. Waktu Mendapatkan Pekerjaan Pertama