4.3 Upaya Peningkatan Kompetensi

Smiley face
Click Here to Download

Selain kompetensi-kompetensi umum yang telah dipaparkan sebelumnya, masih banyak kompetensi khusus yang perlu dimiliki oleh lulusan terkait bidang ilmu dan sasaran pekerjaannya kelak. Oleh sebab itu tidak sedikit responden yang menilai perlunya tambahan kursus untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi khusus ini. Gambar 4.6 berikut menunjukkan pendapat responden mengenai perlu tidaknya adanya tambahan kursus untuk meningkatkan kemampuan/kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dan alumni kelak. Dari Gambar 4.6 memang terlihat bahwa terdapat 61.36% responden yang merasa “Sangat Perlu” dan “Perlu” untuk mengambil kursus bagi peningkatkan kompetensi yang dimiliki.

Gambar 4.6 Keperluan Kursus bagi Peningkatan Kompetensi

Berdasarkan survei yang dilakukan juga, diketahui bahwa ternyata banyak responden alumni yang mengambil kursus ketika mereka menempuh pendidikannya di UNPAR. Adapun frekuensi dan persentase responden alumni yang mengambil kursus bidang tertentu dan tidak mengambil kursus ditunjukkan pada Tabel 4.2.

Tabel 4.2. Pengambilan Kursus saat Kuliah

 

Pada Tabel 4.2. terlihat bahwa kursus Bahasa Inggris diambil oleh sebagian besar responden ketika mereka berkuliah. Melihat fenomena yang terjadi di lapangan, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh adanya syarat kelulusan bagi setiap mahasiswa UNPAR terkait penguasaan Bahasa Inggris. Berdasarkan data pada Tabel 4.2. terlihat juga adanya kursus untuk penguasaan bahasa asing lain selain Bahasa Inggris. Tabel 4.3. memperlihatkan daftar kategori bahasa asing lain yang turut dipelajari mahasiswa ketika berkuliah beserta proporsi pengambilannya. Bahasa asing dengan pengambilan kursus terbanyak adalah Bahasa Mandarin. Hal ini sangat wajar dan merupakan fenomena yang telah lama berlangsung karena pengaruh negara China yang semakin besar di berbagai aspek.

Tabel 4.3. Kursus Bahasa Asing Lain

Sedangkan sebaran kategori kursus “lainnya” yang diambil oleh mahasiswa dapat dilihat pada Tabel 4.4. berikut. Sebagian besar kategori-kategori kursus pada Tabel 4.4. terkait pada minat pribadi mahasiswa dan mata kuliah yang dipelajari di bidang studinya.

Tabel 4.4. Kategori Kursus “Lainnya”