4.2 Kompetensi Lulusan

Smiley face
Click Here to Download

Dalam proses pendidikan yang diselenggarakan UNPAR, suatu program dirancang dalam wujud kurikulum ataupun pembinaan kemampuan non akademik yang dimaksudkan memperlengkapi lulusan dengan kompetensi-kompetensi yang bermanfaat bagi kehidupan dan lingkungannya kelak. Dalam Tracer Study 2017, terdapat 29 jenis kompetensi yang ditanyakan kepada responden terkait penguasaannya ketika responden lulus dari jenjang pendidikannya di UNPAR. Kedua puluh sembilan kompetensi tersebut didapatkan dari ketentuan kuesioner tracer study yang disyaratkan oleh Kemenristekdikti. Gambar 4.3. memperlihatkan bagaimana tingkat penguasan kompetensi-kompetensi yang dimaksud ketika para alumni lulus dari UNPAR. Tingkat penguasaan ini didasarkan pada persepsi dari responden alumni yang terjaring.

Gambar 4.3 Tingkat Penguasaan Kompetensi Saat Lulus

Berdasarkan Gambar 4.3. terlihat bahwa 5 kompetensi dengan kualitas penguasaan terbaik adalah integritas, kemampuan dalam memegang tanggung jawab, bekerja dengan orang yang berbeda budaya dan latar belakang, bekerja dalam tim, dan kemampuan adaptasi. Kemampuan yang baik dalam kerjasama tim dan kerjasama dengan orang yang berbeda budaya/latar belakang sangatlah wajar dimiliki oleh lulusan UNPAR. Hal ini disebabkan oleh tingkat keragaman mahasiswa UNPAR yang sangat tinggi sehingga mau tidak mau memaksa setiap mahasiswa untuk bisa bekerjasama dan beradaptasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan latar belakang. Selain itu, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang cukup banyak serta cara pembelajaran kelompok turut membangun kemampuan mahasiswa dalam kerjasama tim.

 

Sedangkan 6 kompetensi yang menduduki 5 peringkat dengan tingkat penguasaan terendah antara lain pengetahuan di luar bidang/disiplin ilmu, negosiasi, keterampilan riset, bahasa inggris, serta pengetahuan umum dan manajemen proyek yang menduduki peringkat yang sama. Adapun dari keenam kompetensi tersebut, kemampuan negosiasi, bahasa inggris, pengetahuan umum, serta manajemen proyek merupakan kompetensi yang disarankan menjadi prioritas untuk ditingkatkan. Keempat kompetensi ini tergolong kompetensi umum yang masih relevan dimiliki dan dikuasai oleh lulusan jenjang sarjana dan diploma 3.

 

Dari berbagai kompetensi yang dinilai, perlu dilihat juga bagaimana kontribusi UNPAR terhadap setiap kompetensi-kompetensi tersebut. Gambar 4.4 menunjukan hasil survei mengenai tingkat kontribusi universitas dalam membangun kedua puluh sembilan kompetensi standar Kemristekdikti dinilai dari sudut pandang alumni.

Gambar 4.4 Kontribusi UNPAR Terhadap Kompetensi Lulusan

Berdasarkan hasil survei ini diketahui bahwa tingkat kontribusi UNPAR umumnya sejalan dengan peringkat penguasaan kompetensi seperti telah disinggung sebelumnya. Sebagai contoh adalah 5 peringkat tertinggi kontribusi UNPAR adalah pada kompetensi pengetahuan terkait bidang ilmu, bekerja dalam tim, bekerja dengan orang yang berbeda budaya/latar belakang, serta kemampuan adaptasi, analisis, dan toleransi yang menduduki peringkat yang sama. Sementara itu 5 peringkat kontribusi terendah UNPAR adalah pada kompetensi keterampilan internet, bahasa inggris, keterampilan komputer, pengetahuan umum, serta pengetahuan di luar bidang studi dan negosiasi yang menduduki peringkat yang sama.

 

Adapun setiap kompetensi yang dibangun pada lulusan, diharapkan bermanfaat pada pekerjaan, kehidupan, dan lingkungan para lulusan. Oleh sebab itu, dalam Tracer Study ini dinilai juga bagaimana tingkat kontribusi setiap kompetensi ini pada pekerjaan para alumni saat ini. Gambar 4.5. berikut menunjukkan hal yang dimaksud.

 

Gambar 4.5 Peran Kompetensi dalam Pekerjaan Saat Ini

Berdasarkan hasil survei, dapat diketahui bahwa kompetensi yang menduduki 5 peringkat tertinggi dalam hal kontribusinya terhadap pekerjaan alumni saat ini adalah kemampuan dalam memegang tanggung jawab, bekerja dalam tim serta bekerja dengan orang yang berbeda budaya, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja mandiri-kemampuan dalam memecahkan masalah-kemampuan beradaptasi, serta keterampilan riset dan manajemen waktu. Beberapa kompetensi diantaranya telah dikuasai dengan baik oleh alumni dan kontribusi UNPAR pun besar terhadap penguasaannya. Kompetensi yang dimaksud adalah bekerja dalam tim dan bekerja dengan orang yang berbeda budaya. Sementara itu untuk kompetensi lainnya, UNPAR masih perlu meningkatkan kontribusinya untuk penguasaan yang lebih baik bagi para mahasiswanya sehingga lulusan yang dihasilkan dapat unggul dalam dunia pekerjaannya kelak.