4.1 Keeratan Kuliah dengan Pekerjaan

Smiley face
Click Here to Download

Alumni Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Pemilihan pekerjaan yang ditekuni saat ini dapat didasari asal bidang studi alumni, minat, cita-cita, serta tujuan yang dimiliki masing-masing alumni. Idealnya memang pekerjaan yang ditekuni alumni adalah terkait dengan bidang ilmu yang ditekuninya saat berkuliah sehingga ilmu yang diperolehnya dapat digunakan dalam pekerjaan, namun pada kenyataannya kadang minat dari mahasiswa atau alumni berlainan dengan pendidikan yang ditempuhnya. Gambar 4.1 di bawah ini menunjukkan hasil survei yang dilakukan dalam Tracer Study 2017 UNPAR mengenai tingkat keeratan pekerjaan alumni saat ini dengan bidang studi yang diambil oleh alumni saat menjalani pendidikannya di UNPAR.

Gambar 4.1 Keeratan Bidang Studi dengan Pekerjaan Saat Ini

 

Setiap bidang studi memiliki karakteristik keilmuannya masing-masing yang akan mempengaruhi keluasan jenis pekerjaan yang ditekuni oleh alumninya kelak. Hal ini terlihat dari hasil survei keeratan pekerjaan alumni yang dilihat per program studi. Gambar 4.2. memperlihatkan hal yang dimaksud. Berdasarkan hasil survei ini, terlihat bahwa 5 program studi dengan alumni yang memiliki persentase keeratan pekerjaan dengan bidang studi tertinggi (kategori “erat” dan “sangat erat”) adalah Teknik Sipil, Teknik Informatika, Arsitektur, Akuntansi, dan Ilmu Hukum.

Gambar 4.2 Keeratan Bidang Studi dengan Pekerjaan Saat Ini (per Program Studi)

Berdasarkan hasil survei keeratan pekerjaan yang telah dipaparkan di atas, terdapat juga alumni UNPAR yang menekuni pekerjaan yang ternyata kurang erat atau bahkan tidak berkaitan sama sekali dengan bidang studi yang dijalaninya di UNPAR. Beberapa kategori alasan pemilihan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang studi alumni ditanyakan kepada responden melalui kuesioner Tracer Study dan berikut pada Tabel 4.1. ditunjukkan frekuensi dan persentase kategori alasan yang mendasari pemilihan pekerjaan tersebut.

 

Tabel 4.1. Alasan Pemilihan Pekerjaan yang Tidak Sesuai Bidang Studi

Pada Tabel 4.1. terlihat bahwa sebagian besar alumni UNPAR lebih memperhatikan hal-hal praktis seperti jaminan kesejahteraan dan kenyamanan yang diperoleh, prospek karir, ketertarikan pribadi, dan gaji yang lebih tinggi ketika memilih pekerjaan walaupun tidak terlalu sesuai dengan bidang pekerjaannya. Namun demikian terdapat juga alumni yang sepertinya memang berminat untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai bidang studinya tetapi pada saat ini belum mendapat pekerjaan yang sesuai atau pada masa awal bekerja mau tidak mau harus menerima penugasan kerja yang tidak sesuai dengan bidang studinya.