3.1 Kondisi Fasilitas Belajar Mengajar

Smiley face
Click Here to Download

UNPAR menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang baik kegiatan akademik, maupun kegiatan non akademik. Kondisi sarana dan prasarana yang memadai diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pembinaan soft skills. Alumni memegang peranan penting untuk menilai kualitas sarana dan prasarana tersebut. Dari hasil penilaian tersebut, UNPAR memperoleh bahan pertimbangan guna memperbaiki sarana dan prasarana yang dinilai kurang baik dan mempertahankan kualitas sarana dan prasarana yang sudah baik. Berikut ini terdapat penilaian dari para alumni yang mengisi kuesioner Tracer Study UNPAR terhadap 9 fasilitas UNPAR. Gambar 3.1. merupakan grafik yang menunjukkan persentase responden yang memberikan nilai “Sangat Buruk” hingga “Sangat Baik” untuk setiap fasilias UNPAR.

Gambar 3.1 Penilaian Kondisi Fasilitas UNPAR

Berdasarkan grafik pada Gambar 3.1, dapat disimpulkan bahwa 3 fasilitas UNPAR dengan kualitas terbaik adalah Perpustakaan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Ruang Kuliah. Hal ini terlihat dari diagram batang yang cukup panjang untuk performansi baik dan sangat baik yang ditunjukkan bagi ketiga fasilitas tersebut.

 

Sementara itu, fasilitas yang perlu diperbaiki oleh UNPAR adalah fasilitas parkir. Fasilitas parkir mendapatkan penilaian yang buruk dan sangat buruk oleh sebagian besar responden. Hal ini terlihat dari diagram batang yang cukup panjang untuk performasi sangat buruk pada poin fasilitas parkir. Fasilitas-fasilitas lainnya dapat dikategorikan berkualitas sedang.