2.1 Responden

Smiley face
Click Here to Download

Tracer study yang diselenggarakan oleh UNPAR pada tahun 2017 melibatkan angkatan 2010 sebagai target responden. Pemilihan angkatan ini dipandang tepat mengingat jarak waktu dari tahun kelulusan mereka ke tahun 2017 sudah sekitar 2-3 tahun, selain itu pemilihan ini dilakukan untuk melanjutkan gambaran lulusan UNPAR yang telah dimulai tahun sebelumnya dengan mengambil angkatan 2009 sebagai target responden.

 

Total alumni UNPAR angkatan 2010 yang tercatat adalah 1912 orang. Dari jumlah tersebut, alumni yang mengisi kuesioner Tracer Study UNPAR adalah 603 orang (32%) dan alumni yang tidak mengisi kuesioner adalah sebanyak 1309 orang (68%). Gambar 2.1 menunjukkan Gross Response Rate yang dicapai dalam Tracer Study UNPAR 2017 yaitu sebesar 32% yang cukup baik untuk ukuran response rate suatu tracer study. Response rate ini diharapkan dapat meningkat lagi di Tracer Study UNPAR di tahun-tahun mendatang.

 

Gambar 2.1
Gross Response Rate

Jika dilihat berdasarkan program studi, jumlah responden terbanyak yang mengisi kuesioner diraih oleh tiga program studi yaitu Program Studi S1 Ilmu Hukum (88 orang), Program Studi S1 Akuntansi (87 orang) dan Program Studi S1 Ilmu Hubungan Internasional (80 orang). Sedangkan tiga program studi dengan jumlah responden terkecil adalah Program Studi Matematika (4 orang), Program Studi Fisika (1 orang), dan Program Studi Ilmu FIlsafat (1 orang). Pada tracer study tahun 2017 Program Studi S1 Teknik Elektro belum memiliki responden karena program studi ini baru berdiri pada tahun 2015. Gambar 2.2. menunjukkan jumlah alumni UNPAR per program studi yang mengisi kuesioner Tracer Study UNPAR.

Gambar 2.2 Jumlah Responden per Program Studi

Bila dilihat dari tingkat partisipasi responden per progam studi, dengan membandingkan total populasi dengan jumlah responden yang mengisi, tiga program studi yang memiliki tingkat partisipasi tertinggi adalah Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan (70%), Program Studi S1 Ilmu Administrasi Publik (45%), dan Program Studi S1 Manajemen (39%). Sedangkan tingkat partisipasi terendah dimiliki oleh Program Studi S1 Teknik Industri (13%), Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis (19%), dan Program Studi S1 Teknik Kimia (23%).  Program Studi S1 Fisika mencapai 100% karena jumlah lulusan 1 orang, dan lulusan tersebut mengisi kuesioner tracer study. Gambar 2.3 menunjukkan secara lengkap tingkat partisipasi responden per program studi.

 

Gambar 2.3 Tingkat Partisipasi Responden per Program Studi