Hasil Tracer Study 2017

Smiley face
Click Here to Download

 

  • Latar Belakang

Setiap perguruan tinggi memiliki jumlah lulusan yang sangat banyak pada setiap tahunnya baik itu sarjana, diploma, dan doktor. Seorang lulusan atau alumni dapat menjadi faktor penentu sebuah kesuksesan suatu perguruan tinggi dalam menerapkan kompetensi pembelajaran. Perguruan tinggi perlu melakukan perbaikan dan peningkatan sistem untuk dapat mengembangkan kualitas lulusan dalam persiapan menghadapi dunia kerja. Untuk dapat melakukan hal tersebut, diperlukan adanya suatu umpan balik dari lulusan atau alumni suatu perguruan tinggi itu sendiri. Namun, pada saat ini masih banyak perguruan tinggi yang belum mengetahui keberlanjutan jejak lulusan atau alumni setelah menyelesaikan pendidikan. Kondisi ini mengakibatkan tidak adanya suatu umpan balik dari lulusan atau alumni perguruan tinggi untuk upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan atau kompetensi pada perguruan tinggi itu sendiri. Untuk dapat memperoleh umpan balik tersebut adalah dengan melaksanakan suatu Survey Penelusuran Alumni (SPA) atau Tracer Study.

  • Pengertian Tracer Study

Tracer study memiliki pengertian umum yaitu adalah sebuah survei dengan target lulusan dari suatu institusi pendidikan tinggi. Selain pengertian tersebut, tracer study memiliki beberapa pengertian lain, yaitu:

  1. studi yang dilakukan terhadap lulusan perguruan tinggi yang terkait dengan transisi perguruan tinggi dengan dunia kerja.
  2. perencanaan dan pengambilan keputusan pada institusi pendidikan, perencanaan alokasi sumber daya manusia baik di instansi pemerintah dan swasta, maupun di kalangan industri.
  3. Kesesuaian antara hasil pendidikan dengan bidang kerja
  • Tujuan Tracer Study

Berikut ini dikemukakan tujuan dilaksanakan tracer study, yaitu:

  1. Mengevaluasi output / outcome sebuah perguruan tinggi
  2. Memperoleh informasi kesuksesan lulusan dalam karir, status, pendapatan, serta relevansi antara pengetahuan dan keterampilan dengan pekerjaannya.
  3. Sebagai tanggung jawab perguruan tinggi dalam menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi
  4. Sebagai dasar untuk pengembangan institusi selanjutnya dalam konteks akreditasi
  5. Sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran
  • Manfaat Survey Penelusuran Alumni / Tracer Study

Hasil survey penelusuran alumni atau tracer study dapat memiliki manfaat, yaitu:

  1. Bagi perencana institusi pendidikan adalah sebagai indikator efisiensi pada institusi perguruan tinggi, dan sebagai dasar untuk menyelenggarakan dialog dengan kalangan bisnis, industri terkait, dan pengguna lainnya.
  2. Bagi administratur institusi pendidikan adalah untuk menentukan prioritas dan pemilihan model pendidikan yang dapat dikembangkan sesuai dengan karakteristik institusi
  3. Bagi perencana alokasi sumber daya manusia adalah untuk melakukan pengembangan konsep yang tepat dan memungkinkan dalam implementasi model pendidikan.