Kata Sambutan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNPAR

Smiley face
Click Here to Download

KepalaBKAMATHEUS SETIYANTO, S. SOS
KEPALA BIRO KEMAHASISWAAN DAN
ALUMNI UNPAR

Tracer Study atau studi pelacakan para alumni dari sebuah Perguruan Tinggi merupakan kegiatan yang saat ini dirasakan amat penting dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Mengapa ini penting? Karena Tracer Study menjadi sebuah sarana dari Perguruan Tinggi untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja dari sebuah Perguruan Tinggi itu sendiri. Bahkan Tracer Study sudah menjadi suatu kegiatan yang harus (wajib) dilakukan, mengingat Tracer Study sudah dijadikan salah satu kelengkapan akreditasi sebuah Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2016, UNPAR telah melaksanakan Tracer Study untuk pertama kalinya. Pada bulan April 2016 UNPAR mendapatkan Hibah Tracer Study atau sering disebut Hibah Pusat Karir Lanjutan dari Kemenristekdikti. Sesuai dengan apa yang sudah ditulis dalam proposal Tracer Study pada bulan Maret 2016 bahwa UNPAR ingin mengukur keberhasilan lulusan UNPAR di dunia kerja dan outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja yang meliputi diantaranya: masa tunggu, proses pencarian kerja pertama, situasi kerja terakhir dan aplikasi kompetensi di dunia kerja (kesesuaian bidang keilmuan dan bidang pekerjaan).

Dengan pengalaman pertama UNPAR mendapatkan Hibah Tracer Study atau Hibah Pusat Karir Lanjutan pada tahun 2016 ini, dirasakan perlu adanya kerja sama yang baik di antara pengelola UNPAR dalam hal ini tim Tracer Study dengan para alumni yang keberadaannya sudah bekerja di kota-kota di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Selain dari sisi biaya yang memang sangat tinggi untuk terlaksananya kegiatan Tracer Study ini, kami merasa perlu adanya kerja sama dari seluruh komponen yang ada di Universitas, dari keterlibatan dan dukungan Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan dan para Ketua Program Studi yang berada di fakultas-fakultas di lingkungan UNPAR.

Semoga dengan telah berhasilnya Tracer Study yang dilakukan oleh UNPAR pada tahun 2016 ini dengan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim Tracer Study UNPAR, semakin memberi semangat yang tinggi untuk melaksanakan Tracer Study di masa yang akan datang dengan cara UNPAR mengajukan proposal kembali untuk mendapatkan Hibah Tracer Study di tahun kedua (2017).