5.7 Kondisi Pekerjaan Saat Ini

Smiley face
Click Here to Download

Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan ini dapat dilihat berdasarkan kondisi dari masing-masing lulusan UNPAR, khususnya angkatan 2009 pada setiap pekerjaannya. Kelebihan dari suatu pekerjaan dapat dilihat berdasarkan komentar positif pekerjaan saat ini seperti ditunjukkan oleh Gambar 5.12. Kelebihan dari pekerjaan yang dihadapi oleh lulusan UNPAR adalah pengembangan diri besar (28%), menyenangkan (21%), lingkungan kerja yang kondusif (20%), sesuai minat (13%), gaji memuaskan (9%), sesuai dengan yang diharapkan (7%), dan lainnya (2%).

Gambar 5. 12 Komentar Positif Pekerjaan Saat Ini

Gambar 5. 12 Komentar Positif Pekerjaan Saat Ini

Suatu pekerjaan yang memiliki kelebihan tentunya juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari suatu pekerjaan dapat diukur berdasarkan komentar negatif dari lulusan mengenai pekerjaan tersebut seperti ditunjukkan oleh Gambar 5.13. Kekurangan dari pekerjaan saat ini adalah gaji kurang memuaskan (34%), lingkungan tidak kondusif (15%), tidak sesuai minat (14%), pekerjaan tidak sesuai harapan (12%), kesempatan belajar yang kecil (9%), dan lainnya (16%). Komentar negative “lainnya” terdiri dari waktu kerja yang tidak sesuai, tekanan yang besar, persaingan yang terlalu tinggi, jarak tempat kerja ke rumah yang jauh, dan membosankan.

Lulusan UNPAR angkatan 2009 tentunya memiliki gambaran perihal pekerjaan yang ideal yang dinginkan. Gambar 5.14 menunjukan gambaran pekerjaan ideal yang hendak diperoleh. Pada Gambar 5.14 terlihat menurut lulusan angkatan 2009, pekerjaan yang ideal adalah pekerjaan dengan jenjang karir yang jelas (11%), fasilitas gaji yang baik (11%), memberi kesempatan belajar yang lebih besar (10%), lingkungan kerja yang nyaman (10%), sesuai minat (9%), mampu meningkatkan kesejahteraan (9%), menambah wawasan (9%), menantang/tidak monoton (8%), memberi manfaat bagi banyak orang (8%), jam kerja dan jobdesk yang sesuai (7%),waktu fleksibel dan tidak menguras tenaga (5%), dan sesuai bidang kuliah (3%).

Gambar 5. 13 Komentar Negatif Pekerjaan Saat Ini

Gambar 5. 13 Komentar Negatif Pekerjaan Saat Ini