5.5 Jabatan Pekerjaan

Smiley face
Click Here to Download

Bekerja di perusahaan tentunya tidak sekedar hanya kebutuhan atau mencari penghasilan semata. Bekerja juga menjadi tempat untuk mengembangkan diri. Salah satu tolok ukur keberhasilan seseorang dalam mengembangkan diri saat bekerja di perusahaan adalah mencapai posisi tertentu yang ingin dicapai pada perusahaan tersebut. Lulusan UNPAR angkatan 2009 sebagian besar masih bekerja sebagai staf (80%). 9% lulusan UNPAR angkatan 2009 bekerja sebagai manajer, 8% sebagai kepala bagian atau sederajat dan 3% masih magang di perusahaan tersebut. Belum ada lulusan UNPAR angkatan 2009 yang menjadi direktur atau pun pemilik. Berdasarkan Gambar 5.7 dapat dilihat pula dalam selang waktu 2-3 tahun sejak lulus dari perguruan tinggi ternyata lulusan angkatan 2009 sudah ada yang mencapai posisi manajer.

Gambar 5. 7 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2009

Gambar 5. 7 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2009

Apabila dilihat berdasarkan setiap Program Studi seperti ditunjukkan oleh Gambar 5.8 terlihat bahwa sebagian besar lulusan setiap Program Studi masih menjadi staf di perusahaan tempat kerja masing-masing, kecuali lulusan dari Program Studi Fisika. 100% lulusan Program Studi Fisika menempati posisi kepala bagian atau sederajat, akan tetapi secara jumlah responden dari Program Studi Fisika hanya sebanyak 1 orang.

Berdasarkan jumlah, jabatan manajer paling banyak berasal dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (7 orang), Teknik Industri (5 orang), Teknik Kimia (5 orang) dan Ilmu Administrasi Bisnis (5 orang). Lulusan yang masih magang terbanyak merupakan lulusan dari Program Studi Ilmu Hukum (4 orang).

Gambar 5. 8 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2009 per Program Studi

Gambar 5. 8 Posisi atau Jabatan Lulusan Angkatan 2009 per Program Studi