5.3 Kategori Perusahaan

Smiley face
Click Here to Download

Reputasi perusahaan pada umumnya memberikan pengaruh bagi lulusan perguruan tinggi untuk melamar di perusahaan tersebut. Umumnya perusahaan besar memiliki daya tarik yang lebih besar bagi lulusan dari setiap perguruan tinggi. Hal ini tentunya juga diperhatikan oleh lulusan UNPAR, khususnya angkatan 2009.

Memperhatikan kategori perusahaan dimana lulusan UNPAR angkatan 2009 saat ini sedang bekerja, mayoritas lulusan UNPAR angkatan 2009 bekerja pada kategori nasional (60%). Sedangkan sisanya 22% pada kategori internasional dan 18% pada kategori lokal. Jika diartikan, perusahaan  nasional merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia dan memiliki cabang di beberapa wilayah di Indonesia, perusahaan internasional merupakan perusahaan yang berbasis di suatu Negara dan memiliki cabang di berbagai negara lainnya, dan perusahaan lokal merupakan perusahaan yang berbasis hanya di daerah/wilayah tersebut. Gambar 5.4 merupakan kategori perusahaan lulusan UNPAR angkatan 2009.

Apabila dilihat berdasarkan Program Studi, semua lulusan Program Studi sebagian besar bekerja pada perusahaan kategori nasional. Berdasarkan Gambar 5.5 dapat dilihat perusahaan nasional memiliki persentase lebih besar atau sama dengan 50% pada sebagian besar Program Studi. Program Studi dengan persentase terbesar pada perusahaan internasional adalah Matematika (50%), Akuntansi (42%) dan Ilmu Hubungan Internasional (31%). Akan tetapi walaupun Program Studi Matematika memiliki persentase yang besar pada perusahaan internasional, bukan berarti lulusan Program Studi Matematika banyak yang bekerja pada perusahaan internasional. Hal ini disebabkan hanya 2 lulusan Program Studi Matematika yang bekerja pada perusahaan internasional dari 4 orang responden. Apabila dilihat secara jumlah, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (17 orang), Teknik Kimia (15 orang), Teknik Industri (10 orang) dan Akuntansi (10 orang) lebih banyak bekerja di perusahaan internasional dibandingkan Program Studi lainnya.

Gambar 5. 4 Kategori Perusahaan

Gambar 5. 4 Kategori Perusahaan

Gambar 5. 5 Kategori Perusahaan per Program Studi

Gambar 5. 5 Kategori Perusahaan per Program Studi