4.7 Kriteria Penerimaan Pegawai Baru

Smiley face
Click Here to Download

Survei dengan pertanyaan tertutup dilakukan juga untuk mengetahui seberapa penting aspek-aspek kemampuan/kompetensi tertentu dalam menentukan penerimaan pegawai oleh pihak pemberi kerja. Tingkat kepentingan ini dinilai dari kacamata para lulusan yang sudah pernah bekerja. Hal-hal ini dapat menjadi masukan bagi UNPAR dalam merencanakan kegiatan pengembangan karier guna menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat diterima dan diandalkan di masyarakat. Jawaban yang diberikan oleh seorang responden bisa lebih dari satu. Berikut pada Gambar 4.14 adalah rekapitulasi hasil survei mengenai kriteria penerimaan pegawai.

Gambar 4. 14 Kriteria Pertimbangan Penerimaan Pegawai Baru

Gambar 4. 14 Kriteria Pertimbangan Penerimaan Pegawai Baru

Berdasarkan grafik pada Gambar 4.14, diketahui bahwa 5 besar poin yang paling diperhatikan oleh pemberi kerja/perusahaan dalam merekrut pegawai baru adalah:

  1. Kepribadian dan Keterampilan Interpersonal
  2. Kemampuan Bahasa Inggris
  3. Pengalaman Berorganisasi
  4. IPK
  5. Reputasi dari Perguruan Tinggi

Kelima poin di atas diurutkan dari persentase terbesar hingga terkecil. Kepribadian dan Keterampilan Interpersonal menjadi hal yang paling banyak diperhatikan oleh perusahaan dalam merekrut pekerja dibandingkan poin lainnya. Hal ini tentunya sangat masuk akal, karena tentunya kepribadian (sikap/alamiah) diri yang baik akan memudahkan dalam hal kerjasama dan proses penyesuaian sehingga memberikan peluang lebih besar bagi seseorang untuk berkembang.