4.5 Pencarian Kerja

Smiley face
Click Here to Download

Pencarian kerja merupakan proses yang perlu dilakukan dalam meniti karier. Proses pencarian kerja memerlukan perencanaan yang baik dalam hal waktu, saluran yang digunakan, serta sasaran. Berikut ini ditampilkan gambaran karakteristik proses pencarian kerja mahasiswa/i UNPAR yang didasarkan pada informasi yang diberikan oleh lulusan UNPAR yang menjadi responden dalam Tracer Study.

Tabel 4.2 memperlihatkan karakteristik pencarian pekerjaan pertama yang dilakukan oleh para responden ketika masih menjadi mahasiswa di UNPAR yang mana proses ini ada yang dilakukan sebelum lulus ataupun setelah lulus S1.

Tabel 4. 2 Karakteristik Pencarian Kerja

Tabel 4. 2 Karakteristik Pencarian Kerja

Berdasarkan Tabel 4.2, diketahui bahwa sebanyak 39% responden melakukan pencarian kerja pada rataan 3,38 bulan sebelum lulus sedangkan 48% melakukan pencarian kerja setelah rataan 2,2 bulan setelah lulus. Di samping mahasiswa yang mencari kerja, terdapat juga 13% mahasiswa/i yang tidak mencari kerja setelah lulus S1.

Terdapat berbagai alasan mengapa seorang mahasiswa/i atau responden Tracer Study ini tidak mencari kerja selepas kelulusan. Berikut ini pada Gambar 4.10 adalah alasan-alasan tersebut.

Gambar 4. 10 Alasan Tidak Bekerja setelah Lulus S1

Gambar 4. 10 Alasan Tidak Bekerja setelah Lulus S1

Berdasarkan Gambar 4.10 terlihat bahwa alasan terbesar tidak mencari kerja setelah kelulusan adalah karena studi lanjut, sementara kelompok alasan terbanyak kedua adalah bekerja pada perusahaan/institusi milik keluarga atau membangun usaha sendiri.

Seperti telah disinggung sebelumnya, proses pencarian kerja ini memerlukan saluran. Tabel 4.3 berisi gambaran mengenai pemanfaatan berbagai macam saluran pencarian kerja oleh responden Tracer Study. Data ini didapatkan melalui survei dengan pertanyaan tertutup dimana seorang responden bisa memilih lebih dari 1 jawaban.

Tabel 4. 3 Saluran Pencarian Kerja

Tabel 4. 3 Saluran Pencarian Kerja

Berdasarkan Tabel 4.3, terlihat bahwa 3 saluran pencarian kerja tertinggi adalah pada cara online, lalu diikuti oleh bursa/pameran kerja, dan melalui relasi.  Teknologi informasi yang sudah sangat berkembang tentunya berpengaruh pada pemilihan saluran pencarian kerja ini. Bagi mahasiswa/i yang mencari pekerjaan melalui relasi, berikut ini pada Gambar 4.11 diketahui secara lebih detail gambaran relasi yang dimaksud.

Gambar 4. 11 Jalur Relasi Pencarian Kerja

Gambar 4. 11 Jalur Relasi Pencarian Kerja

Dari sekian banyak mahasiswa yang mencari pekerjaan, tentunya PPK pun bisa menjadi salah satu alternatif saluran untuk mendapatkan info-info mengenai lowongan pekerjaan. Berdasarkan data survei yang didapatkan, diketahui proporsi responden yang menggunakan PPK sebagai salah satu alternatif saluran pencarian kerja adalah sebesar 21,19% dimana komposisi penggunaan fasilitas PPK dapat dilihat pada Gambar 4.12.

Gambar 4. 12 Penggunaan Fasilitas PPK dalam Pencarian Kerja

Gambar 4. 12 Penggunaan Fasilitas PPK dalam Pencarian Kerja

Pada zaman dengan tingkat persaingan yang tinggi seperti sekarang ini, aktivitas melamar pekerjaan dalam proses pencarian kerja adalah suatu hal yang perlu kesabaran dan usaha yang tidak sedikit. Kesibukan dari para staf perusahaan/insitusi tujuan lamaran pun membuat dibutuhkannya waktu dalam merespon setiap lamaran yang masuk. Berdasarkan survei yang dilakukan dalam Tracer Study, didapatkan karakteristik kegiatan lamaran kerja yang dilakukan oleh para lulusan UNPAR terkait pekerjaan pertama setelah menyelesaikan pendidikan di UNPAR. Adapun karakteristik-karakteristik tersebut dapat dilihat pada Tabel 4.4.

Tabel 4. 4 Karakteristik Kegiatan Melamar Pekerjaan Pertama

Tabel 4. 4 Karakteristik Kegiatan Melamar Pekerjaan Pertama