4.2 Kompetensi

Smiley face
Click Here to Download

Lulusan UNPAR tentunya tidak hanya dituntut untuk mahir dalam hardskill atau kemampuan yang berhubungan dengan bidang pendidikanya, tetapi juga dalam aspek softskill . Kontribusi universitas sangat penting dalam melengkapi peserta didiknya dengan kemampuan-kemampuan hardskill maupun softskill sehingga dapat menjadi lulusan-lulusan yang dapat diandalkan. Gambar 4.2 menunjukkan persepsi lulusan-lulusan UNPAR mengenai tingkat penguasaan beberapa kompetensi ketika lulus dari UNPAR. Terdapat 29 poin kompetensi umum yang dinilai oleh responden Tracer Study.

Berdasarkan grafik pada Gambar 4.3, terlihat bahwa tingkat penguasaan keduapuluh sembilan kompetensi dinilai oleh sebagai besar responden pada level “Sedang” sampai “Besar” kecuali pada poin “Pengetahuan di luar bidang atau disiplin ilmu” yang memang kurang berimbang dan didominasi oleh penilaian pada level “Sedang” . Hal ini tentunya sangat wajar mengingat memang kurikulum-kurikulum yang dibangun di setiap program studi sudah sangat spesifik untuk penguasaan kompetensi di bidang ilmu tersebut sehingga sangat kecil ruang untuk mengembangkan atau mengkolaborasikan kurikulum tersebut dengan bidang ilmu yang lain.

Gambar 4. 3 Tingkat Penguasaan Kompetensi Saat Lulus S1

Gambar 4. 3 Tingkat Penguasaan Kompetensi Saat Lulus S1

Pada bagian kompetensi ini, responden menilai juga tingkat kontribusi UNPAR dalam membangun keduapuluh sembilan kompetensi tersebut pada peserta didiknya. Berikut pada Gambar 4.4 adalah rangkuman penilaian responden dalam bentuk grafik.

Gambar 4. 4 Kontribusi Pergurutan Tinggi Terhadap Penguasaan Setiap Kompetensi

Gambar 4. 4 Kontribusi Pergurutan Tinggi Terhadap Penguasaan Setiap Kompetensi

Berdasarkan Gambar 4.4, terlihat bahwa secara umum kontribusi universitas dalam membangun kompetensi-kompetensi tersebut adalah besar, kecuali pada 5 hal yang dinilai relatif lebih kecil dibandingkan 24 poin kompetensi lainnya. Kelima kompetensi yang dimaksud, antara lain:

  1. Keterampilan Komputer
  2. Keterampilan Internet
  3. Bahasa Inggris
  4. Pengetahuan Umum
  5. Pengetahuan di Luar Bidang Ilmu.
Gambar 4. 5 Peran Kompetensi dalam Pekerjaan

Gambar 4. 5 Peran Kompetensi dalam Pekerjaan

Dari keduapuluh sembilan kompetensi yang telah dinilai oleh responden, perlu diketahui sebenarnya bagaimana peran keduapuluh sembilan kompetensi ini dalam mendukung pekerjaan para lulusan UNPAR. Gambar 4.5 merupakan grafik yang menunjukkan informasi tersebut.

Berdasarkan Gambar 4.5 diketahui bahwa mayoritas responden menilai pada tingkat “Besar” sampai “Sangat Besar” untuk sebagian besar poin kompetensi yang disajikan. Dua kompetensi yang memang terlihat agak berbeda adalah “Keterampilan Riset” dan “Pengetahuan di Bidang dan Disiplin Ilmu yang Diambil”. Pada kedua kompetensi ini, proporsi jawaban “Besar” dan “Sangat Besar” cukup berimbang dengan 3 tingkat jawaban lainnya. Hal ini sangat masuk akal mengingat memang terdapat cukup banyak lulusan UNPAR yang bekerja pada bidang yang tidak terkait erat dengan bidang pendidikan S1 yang diambil.