4.1 Kesesuaian Kuliah dengan Pekerjaan

Smiley face
Click Here to Download

Lulusan UNPAR yang berasal dari berbagai program studi tentunya telah melalui proses pendidikan untuk memperoleh kompetensi yang memang menjadi tujuan kurikulum setiap program studi terkait. Kompetensi-kompetensi ini akan sangat menunjang setiap lulusan dalam pekerjaan-pekerjaannya kelak terutama pekerjaan yang memang berkorelasi dengan pendidikan yang ditempuh. Berikut ini pada Gambar 4.1 adalah grafik yang menunjukkan secara umum bagaimana kesesuaian pekerjaan para lulusan saat ini dengan pendidikan yang ditempuhnya.

Gambar 4. 1 Keeratan Pendidikan dengan Pekerjaan

Gambar 4. 1 Keeratan Pendidikan dengan Pekerjaan

Berdasarkan grafik pada Gambar 4.1 dapat diketahui bahwa 63% lulusan dari berbagai program studi menilai bahwa pekerjaan yang dijalani saat ini memiliki keeratan dengan pendidikannya dahulu, dimulai dari tingkat “Cukup erat” sampai “Sangat erat”. Hal ini seharusnya menandakan bahwa kompetensi-kompetensi yang dibangun memang bermanfaat dalam pekerjaan lulusan saat ini, yaitu bagi lulusan-lulusan yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan pendidikan S1 nya. Selain penilaian secara umum, terdapat juga rekapitulasi data penilaian yang dibuat untuk setiap program studi seperti pada Gambar 4.2.

Gambar 4. 2 Kesesuaian Pekerjaan dengan Pendidikan (per Program Studi)

Gambar 4. 2 Kesesuaian Pekerjaan dengan Pendidikan (per Program Studi)

Berdasarkan grafik pada Gambar 4.2, terlihat bahwa 5 besar program studi dengan lulusan-lulusan yang memiliki pekerjaan yang sesuai dengan pendidikannya adalah Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis. Pada grafik tersebut tidak terdapat Program Studi Filsafat karena memang tidak ada responden lulusan program studi tersebut yang mengisi kuesioner Tracer Study.

Di antara lulusan-lulusan UNPAR yang memiliki pekerjaan kurang terkait dengan pendidikanya, dapat diketahui alasan-alasan yang melatarbelakangi diambilnya pekerjaan tersebut oleh para lulusan. Tabel 4.1 berikut berisi alasan-alasan tersebut diurutkan dari persentase terbanyak.

Tabel 4. 1 Pengambilan Pekerjaan yang Kurang Terkait Pendidikan

Tabel 4. 1 Pengambilan Pekerjaan yang Kurang Terkait Pendidikan