2.3 Pekerjaan Utama

Smiley face
Click Here to Download

Dalam kuesioner Tracer Study UNPAR, terdapat 3 (tiga) kategori pekerjaan utama yaitu bekerja pada orang lain, wiraswasta dan tidak bekerja/melanjutkan studi. Untuk alumni UNPAR angkatan 2009, pekerjaan utama responden saat ini sebesar 66% adalah bekerja pada orang lain seperti terlihat pada Gambar 2.5. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 2/3 dari keseluruhan alumni UNPAR angkatan 2009 memiliki status pekerjaan utama saat ini adalah bekerja pada orang lain. Jumlah responden yang tidak bekerja atau sedang melanjutkan studi (23%) adalah dua kali lipat jumlah responden yang berwiraswasta (11%).

Gambar 2. 4 IPK Rata-rata per Prodi

Gambar 2. 4 IPK Rata-rata per Prodi

 

 

Gambar 2.5 Pekerjaan Utama

Jika dilihat berdasarkan program studi pada Gambar 2.6, persentase alumni UNPAR angkatan 2009 yang paling banyak bekerja berasal dari Prodi Matematika dan Fisika (100%), Prodi Akuntansi (80%) serta Prodi Ekonomi Pembangunan dan Teknik Sipil (71%). Berdasarkan jumlah alumni, maka alumni yang paling banyak bekerja berasal dari Prodi Teknik Kimia (57 orang) dan Prodi Ilmu Hubungan Internasional (54 orang).

Selain bekerja pada orang lain, ada sejumlah alumni yang tidak bekerja/melanjutkan studi dan alumni yang berwiraswasta. Persentase alumni UNPAR angkatan 2009 yang paling banyak tidak bekerja/melanjutkan studi adalah 38.9% yaitu berasal dari Prodi Administrasi Publik. Berdasarkan jumlah alumni, maka alumni yang paling banyak tidak bekerja/melanjutkan studi berasal dari Prodi Ilmu Hukum (25 orang). Untuk alumni yang berwiraswasta, persentase alumni UNPAR angkatan 2009 yang paling banyak berwiraswasta adalah 18.9% yaitu berasal dari Prodi Arsitektur dan jumlah alumni yang paling banyak berwiraswasta berasal dari Prodi Teknik Kimia (10 orang).

Gambar 2. 6 Pekerjaan Utama per Prodi

Gambar 2. 6 Pekerjaan Utama per Prodi