1.1 Pengertian Tracer Study

Smiley face
Click Here to Download

Tracer Study atau yang umumnya dikenal dengan studi rekam jejak atau survei alumni, adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (Syafiq dan Fikawati, 2016). Tracer study merupakan suatu studi yang dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi. Selain itu, tracer study juga menyediakan informasi mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional, menilai relevansi pendidikan tinggi, menyediakan informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan merupakan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Kerangka konsep dari tracer study dapat dijelaskan melalui Gambar 1.1. Tracer study dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara input pendidikan tinggi (situasi dan kondisi pembelajaran, biodata mahasiswa, pengalaman dan motivasi), proses pendidikan tinggi (pembelajaran dan pengajaran), output pendidikan tinggi (pengetahuan, keterampilan, motivasi dan nilai), serta outcome pendidikan tinggi (masa peralihan memasuki dunia kerja dan kontribusi terhadap masyarakat).

Gambar 1.1 Konsep Dasar Tracer Study (Report Tracer Study ITB, 2014)

Gambar 1.1 Konsep Dasar Tracer Study (Report Tracer Study ITB, 2014)

 

Menurut Report Tracer Study ITB (2014), idealnya pelaksanaan tracer study dilakukan 2 (dua) kali seperti terlihat pada Gambar 1.2. Tracer study yang pertama dilakukan kepada alumni perguruan tinggi pada 1-2 tahun semenjak kelulusan. Kondisi ini dianggap ideal karena 1-2 tahun setelah lulus, alumni dianggap sudah memiliki pengalaman dan kompetensi dalam pekerjaan serta pengetahuan akan dunia kerja. Pengalaman dan kompetensi di dunia kerja inilah yang kemudian akan menjadi umpan balik alumni bagi perguruan tinggi terkait hubungan pendidikan tinggi dengan pekerjaan. Tracer study yang kedua dapat dilakukan kembali kepada alumni pada 4-5 tahun setelah kelulusan (atau 3 tahun setelah tracer study pertama). Fokus tracer study kedua ini lebih pada mengetahui pola perkembangan pekerjaan alumni.

Gambar 1. 2 Waktu Pelaksanaan Tracer Study (Report Tracer Study ITB, 2014)

Gambar 1. 2 Waktu Pelaksanaan Tracer Study (Report Tracer Study ITB, 2014)