Tim Tracer Study

Demi mendukung pelaksanaan Tracer Study UNPAR yang efektif dan efisien, pimpinan UNPAR telah membentuk tim Tracer Study UNPAR 2017 di bawah arahan Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan dan koordinasi Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni. Stuktur organisasi tim Tracer Study UNPAR selengkapnya dapat dilihat pada Gambar 5.

 

Tim Tracer Study UNPAR 2018 yang telah dibentuk dan bertugas sejak 1 Februari 2018 adalah sebagai berikut:

No Jabatan Nama NIK
1 Penanggung Jawab

(Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan)

 

Dr. Paulus Sukapto, Ir., MBA.

19920467
2 Koordinator Pelaksana

(Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni)

 

Matheus Setiyanto, S.Sos

19840196
3 Kesekretariatan Ari Nurtjahyo Kurniawan 19960665
4 Anggota Kesekretariatan Agustinus Deni, S.IP. 20080004
5 Keuangan Khemala Mahardhika, S.E. 20140020
6 Koordinator Pendataan dan Survei Ayu Pritandya Pertiwi, S.IP. 20120251
7 Staff Pendataan dan Survei Achmad Bachrullah Alam Ali 19830175
8 Staff Pendataan dan Survei Saptono PW, S.S., M.Hum 20110116
9 Koordinator TIK Basuki Setyohadi, S.T. 19950632
10 Staff TIK Pietre Gunawan, S.S. 20110002
11 Staff TIK Gugie Triadi, S.AB. 20150153
12 Koordinator Peneliti Dr. Dharma Lesmono, Drs., S.E., M.Sc., M.T. 19940588
13 Peneliti

(Kepala Pusat Pengembangan Karir)

 

Dewiyani, S.Psi.,Psikolog

20030311
14 Peneliti Gandhi Pawitan, Ir., M.Sc., Ph.D. 19930533
15 Peneliti Hanky Fransiscus, S.T., M.T. 20090078
16 Peneliti Alfian, S.T., M.T. 20090033

 

Deskripsi tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian dalam Tim Tracer Study UNPAR adalah sebagai berikut:

  1. Koordinator Pelaksana:
  • Membentuk tim tracer study dengan persetujuan Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan
  • Membuat perencanaan pelaksanaan tracer study
  • Mengkoordinasi seluruh rangkaian pelaksanaan dan kinerja tim tracer study
  • Mengadakan evaluasi pelaksanaan tracer study
  • Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tracer study
  1. Sekretaris:
  • Melakukan surat menyurat berkaitan dengan proses pelaksanaan tracer study
  • Membuat notulensi seluruh rapat tracer study
  • Melakukan layout dan menjilid buku hasil tracer study
  • Mempublikasikan hasil tracer study
  • Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tracer study
  1. Keuangan:
  • Membuat anggaran keuangan tracer study
  • Memfasilitasi pencairan anggaran keuangan tracer study
  • Memfasilitasi kebutuhan keuangan tracer study sesuai dengan anggaran
  • Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan pelaksanaan tracer study
  1. Tim Peneliti:
  • Mengembangkan kuesioner tracer study
  • Melakukan uji coba kuesioner tracer study
  • Menganalisa data tracer study hasil survei
  • Mendeskripsikan data tracer study dalam bentuk narasi dan diagram
  • Membuat laporan hasil tracer study untuk dicetak dan dipublikasikan
  • Mensosialisasikan hasil tracer study kepada pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi
  1. Bagian Pendataan dan Survei:
  • Mempersiapkan database alumni
  • Mengumpulkan data alumni dari Biro Administrasi Akademik, Fakultas dan Program Studi
  • Melakukan verifikasi data alumni
  • Memilih surveyor dan mengadakan rapat koordinasi
  • Memonitoring response rate progress
  • Memonitor kelancaran pengumpulan data survei
  • Menyerahkan data survei kepada tim peneliti
  1. Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi:
  • Mengembangkan laman alumni sebagai situs tracer study
  • Mengembangkan aplikasi survey online
  • Bekerja sama dengan Tim Peneliti untuk melakukan uji coba kuesioner tracer study
  • Mengembangkan sistem database tracer study
  • Mengembangkan aplikasi analisa data responden
  1. Bagian Publikasi:
  • Memberikan informasi tracer study kepada para responden
  • Memberikan informasi tracer study dari responden kepada para pemangku kepentingan dan khalayak umum dalam bentuk buku