Rancangan Survey

  • Rentang Waktu Pengumpulan Data

Tracer study umumnya dilakukan setelah mahasiswa tersebut menyelesaikan proses study pada sebuah institusi yaitu wisuda, namun untuk mengetahui ketepatan tracer study dapat dilihat dari penggolongan waktu seperti berikut:

  1. Waktu enam bulan setelah wisuda, fokus pertanyaan diterapkan pada masa transisi dari dunia pendidikan dengan dunia kerja.
  2. Waktu satu tahun setelah wisuda, fokus pertanyaan diterapkan pada pekerjaan pertama kali dan proses transisi yang dialami saat melakukan pekerjaan pertama kali.
  3. Waktu tiga tahun setelah wisuda, fokus pertanyaan diterapkan pada karir awal karena umumnya pada jangka waktu tersebut, wisuda sudah fokus pada karir yang sedang dijalani.
  • Metode Pengambilan Sampel

Dalam tracer study, penentuan target responden bisa berdasarkan survei kepada suatu populasi atau sampel. Survei terhadap populasi dilakukan apabila suatu institusi menginginkan data yang lengkap dan sempurna. Survei terhadap populasi menghadapi banyak kendala jika dilihat dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan efektifitas sering dilakukan survei terhadap sampel. Pada survey terhadap sampel terdapat langkah-langkah yang ditempuh sebagai berikut :

  1. Menentukan kebutuhan pelaksanaan tracer study.
  2. Menentukan metode pengambilan sampel yang sesuai dengan distribusi populasi.
  • Metode Pengumpulan Data

Untuk dapat mengumpulkan data dalam penelusura alumni dapat ditembuh dengan beberapa cara, yaitu:

  • Personal Interview

Wawancara secara personal membutuhkan waktu yang cukup banyak dan biaya yang tinggi apabila responden banyak

  • Personal Administration

Metode ini hanya diperlukan apabila tidak tersedia sistem surat-menyurat

  • Mail Survey

Metode ini dapat digunakan apabila alamat lulusan tersedia dengan jelas

  • Telephone Survey

Metode ini akan banyak menggunakan biaya bila informasi yang dibutuhkan banyak

  • Online Survey

Metode ini banyak digunakan dan paling efisien apabila lulusan telah terbiasa mengakses internet dan alamat e-mailĀ  lulusan belum diketahui.

  • Rancangan Kusioner

Untuk dapat melakukan survei dibutuhkan adanya suatu kuesioner. Pengertian kuesioner adalah suatu alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui tertulis. Kuesioner dapat memiliki panjang yang berbeda dengan kategori sebagai berikut:

  1. Kuesioner pendek
    • Kuesioner yang tersusun dari pertanyaan berjumlah 1-3 halaman dan berfokus pada pertanyaan yang penting saja. InformasiĀ  yang diperoleh sangat terbatas.
  2. Kuesioner sedang
    • Kuesioner yang tersusun dari pertanyaan berjumlah 4-9 halaman dan berfokus pada beberapa topik dan kagegori ini merupakan rekomendasi minimal untuk sebuah tracer study.
  3. Kuesioner panjang
    • Kuesioner yang tersusun dari pertanyaan berjumlah 10-20 halaman dan berfokus pada banyak topik yang bervariasi. Merupakan kategori yang lebih banyak direkomendasikan untuk sebuah tracer study.